Ternyata Lip Balm Membuat Bibir Pecah Pecah Semakin Parah

Saat bibir kering, terasa ketat, dan pecah-pecah, menggunakan lip balm tampaknya menjadi solusi terbaik. Akan tetapi tidak selamanya lip balm bisa menjadikan bibir lembap dan lembut. Pada beberapa kasus, penggunaan lip balm justru menyebabkan kondisi bibir kering semakin parah. Jika pemakaian dilanjutkan, bibir bahkan bisa mengelupas dan pecah-pecah.

Ternyata Lip Balm Membuat Bibir Pecah Pecah Semakin Parah

Menurut seorang ahli dermatologi, Leslie Baumann, MD., beberapa merek lip balm justru mengandung bahan yang dapat mengeringkan bibir. "lip balm dengan humektan seperti hyaluronic acid dan gliserin dapat membuat kondisi bibir semakin buruk,".

Bahan-bahan ini menarik keluar kelembapan dari kulit, terutama di lingkungan yang kering, dan kemudian cairan pelembap tersebut menguap.
Hyaluronic acid dan gliserin umumnya digunakan sebagai salah satu bahan untuk produk perawatan kulit. Saat digunakan pada wajah, bahan-bahan ini tidak menyebabkan kekeringan karena ditambahkan dengan agen oklusif yang berfungsi sebagai penghalang agar kelembapan tidak keluar dari permukaan kulit. Contoh bahan - bahan yang bertindak sebagai agen oklusif antara lain lilin lebah, shea butter, dan berbagai minyak tumbuhan maupun hewani.

"Humektan berpegang pada air, sementara itu agen oklusif menjaganya agar tidak menguap," jelas Dr. Baumann. Tanpa adanya agen oklusif, kelembapan yang dikeluarkan oleh humektan hanya lenyap di permukaan kulit. Akibatnya bibir justru menjadi semakin kering.

Bagi mereka yang rawan alergi, bahan-bahan yang mengandung menthol, alkohol, pewarna berlebih, dan asam salisilat juga dapat menjadikan bibir pecah-pecah semakin parah. Hal ini diungkapkan oleh Cybele Fishman, MD. dan Jessica Wu, MD., dua ahli dermatologi Amerika Serikat kepada TODAY.

Jadi perhatikan baik-baik kandungan di kemasan lip balm sehingga anda dapat memperoleh produk yang memberikan manfaat melembapkan maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Lip Balm Membuat Bibir Pecah Pecah Semakin Parah"

Post a Comment