Ternyata Ini 7 Manfaat Tak Terduga Rutin Konsumsi Ikan

Membahas seputar ikan, pastinya anda tidak asing lagi dong dengan makanan yang satu ini. Selain mempunyai cita rasa yang lezat, rupanya ikan juga menyehatkan dan mengandung kaya protein serta rendah lemak.

Berbagai studi bahkan mengungkapkan manfaat dari mengkonsumsi ikan. Seperti yang diinformasikan dari situs Boldsky Selasa (31/7/2018), berikut 7 manfaat makan ikan dengan rutin.

Ternyata Ini 7 Manfaat Tak Terduga Rutin Konsumsi Ikan

1. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit otak degeneratif yang umumnya mempengaruhi orang-orang di atas umur 60tahun. Penyakit ini menyebabkan degenerasi sel otak yang cepat dan menyebabkan kehilangan daya ingat, kehilangan koordinasi dan keseimbangan tubuh, dan lainnya.

Studi yang dipublikasikan dalam The Journal of American Medical Association bahwa mengkonsumsi ikan secara teratur bisa memperbaiki materi abu-abu otak manusia yang mencegah degenerasi sel otak dengan cepat. Sehingga, hal itu bisa mencegah Alzheimer.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal Of Cardiology bahwa asam lemak dan omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi pembekuan darah, dan menurunkan tekanan darah. Sehingga dengan mengonsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Mencegah depresi

Mengkonsumsi ikan dapat membantu mengobati dan mengurangi gejala depresi. Hal ini terungkap pada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa minyak yang terkandung dalam ikan dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin pada otak.

4. Tingkatkan kesehatan tulang

Kandungan vitamin D pada ikan sangat baik, seperti yang anda tahu bahwa vitamin D merupakan nutrisi penting yang diperlukan dalam tubuh terutama dalam menjaga tulang agar tetap sehat dan meningkatkan fungsi otak. Sehingga, dengan mengonsumsi ikan secara rutin dapat meningkatkan kesehatan pada tulang.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Pada era ini kebanyakan masyarakat menggunakan gadget elektronik visual yang mungkin dapat menyebabkan masalah pada mata, seperti penglilhatan kabur, kekeringan, dan lainnya. Dengan mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mata dan memberi nutrisi pada otot-otot saraf mata. Hal itu karena kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan.

6. Mengobati arthritis 

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan sendi dan otot menjadi meradang dan menghambat gerakan sendi dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan pada American College Of Rheumatology menyebutkan kandungan lemak omega-3 dan vitamin E tinggi yang terdapat dalam ikan bisa membantu mengurangi gejala radang sendi dan membantu mengobati arthritis.

7. Menurunkan risiko kanker

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Of Clinical Nutrition bahwa menambahkan ikan ke dalam menu diet anda setiap hari dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker tenggorokan, kanker usus besar, kanker mulut, kanker pankreas, dan lainnya. Hal itu dikarenakan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan dapat mencegah perkembangan sel kanker secara abnormal.

Akan Tetapi, tidak semua jenis ikan baik untuk dikonsumsi. Baru baru ini ada 20 ikan berbahaya ditemukan oleh warga. Masing-masingnya ada 10 jenis ikan sapu-sapu dan 10 ikan jenis aligator.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Ini 7 Manfaat Tak Terduga Rutin Konsumsi Ikan"

Post a Comment