Ternyata 6 Hal Ini Bikin Bibir Pecah Pecah

Bermacam metode telah dilakukan, tapi bibir kering tidak kunjung sembuh. Kian lama justru kian pecah-pecah. Apa yang salah dari perawatan bibirmu?

Sebagian orang menunjukkan reaksi alergi terhadap produk-produk yang bersentuhan dengan bibir. Kemungkinan bibir kering kalian disebabkan salah satu di antaranya.

Pasta Gigi

Berdasarkan DermNet New Zealand, pasta gigi mengandung perisa buatan yang dapat membuat alergi pada sebagian orang. Kadang alergi berupa cheilitis (pembengkakan pada bibir) atau stomatitis (pembengkakan pada mulut). Pada sebagian kasus, reaksi alergi yang terus berulang menyebabkan kulit bibir pecah-pecah. Keadaan ini lebih sering kali dialami oleh wanita ketimbang pria.


Kebiasaan Menjilat Bibir

Berdasarkan Jessica Wu, MD., menjilati bibir tak akan menghasilkan bibir lebih lembap. Air liur akan mengering dalam waktu singkat dan bibir jadi lebih kesat dibandingkan sebelumnya. Pasalnya cairan air liur memang cukup keras yang dapat membuat bibir kering.
Air liur berfungsi untuk mencerna makanan. Karena itulah dapat membuat bibir kering.

Lip balm

Dalam banyak kasus, stik pelembap bibir ini justru menyebabkan bibir kian kering. Ada dua hal yang kemungkinan menjadi penyebabnya. Pertama, kandungan agen oklusif yang berfungsi untuk menahan kelembapan tak setara dengan kadar humektan seperti gliserin dan hyaluronic acid. Leslie Baumann, MD. berpendapat, apabila humektan tidak dikombinasikan dengan agen oklusif seperti: shea butter dan lilin lebah, kulit bibir akan menjadi kian kering.

Kemungkinan lainnya adalah didalam lip balm terdapat zat atau bahan-bahan yang bisa membuat alergi seperti alkohol, vitamin E, menthol, dan pewangi berlebih.

Long-wear & matte lipstick

Cybele Fishman, MD. mengatakan apabila long-wear lipstick juga dapat menyebabkan bibir kering. Sama halnya juga dengan lipstik matte yang dapat membuat bibir kesat. Ketika kulit bibir sedang bermasalah, sebaiknya hentikan pemakaian lipstik matte atau long-wear.
Pakai salep yang mengandung emollient atau madu asli untuk mengobati bibir kering.

Menarik kulit bibir yang terkelupas

Eksfoliasi memang penting untuk peremajaan kulit bibir. Namun jangan sekali-sekali melakukan hal ini ketika kulit bibir sedang mengelupas. Menarik lepas kulit yang mengelupas dengan tangan justru dapat menyebabkan infeksi. Hasilnya, kondisi bibir kering jadi kian parah.

Mengunyah permen mint atau produk yang terdapat kayu manis

Meski permen mint memberikan sensasi segar dan mendinginkan, ternyata mint dan kayu manis juga dapat menyebabkan iritasi bagi mereka yang rawan alergi.
Itulah sebagian hal yang terbukti dapat mmbuat kondisi bibir pecah-pecah kian parah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata 6 Hal Ini Bikin Bibir Pecah Pecah"

Post a Comment